Blog

rumah-kedua

Saat sudah memiliki rumah sendiri, Anda merasa tenang karena tak harus membayar baisa sewa kontrak per tahun. Namun pernahkah ingin membeli hunian lagi untuk investasi? Harganya yang terus naik membuat Anda untung besar. Jangan ragu untuk mengecek tabungan dan membayar uang muka. Ini beberapa keuntungan investasi rumah kedua bagi Anda.

1. Harga Lebih Terjangkau

Tahun 2020 adalah saat yang paling tepat untuk membeli rumah lagi. Pasalnya, uang yang harus Anda keluarkan untuk membayar down payment lebih rendah dari biasanya. Aturan penghapusan pajak Ppn Bm pada rumah, membuat harganya bisa menurun. Dapatkan hunian terjangkau, sebagai investasi yang sangat menguntungkan.

Carilah rumah di daerah pinggiran yang harganya lebih terjangkau. Jangan takut jika kawasan itu masih sepi sehingga dianggap sebagai investasi yang merugikan. Dalam kurun waktu 10 tahun, biasanya di pinggiran kota akan ramai juga, karena ledakan jumlah penduduk. Asal jalan rayanya bagus dan lingkungannya aman, beli saja.

2. Bisa Dibuat Guest House

Investasi rumah kedua bisa dilakukan ketika Anda ingin membangun sebuah guest house. Banyak orang yang memilih untuk menyewa kamar di sana karena harganya lebih miring daripada hotel. Selain itu, suasananya juga lebih homey dan akrab. Iklankan guest house milik Anda pada media sosial, agar penyewanya lebih banyak.

Memiliki guest house bisa membuat Anda memiliki pemasukan tambahan yang lumayan. Pastikan rumah itu bersih dan memiliki fasilitas yang lengkap. Misalnya kasur spring bed, AC, free welcome drink, dan juga Wifi. Jangan boroskan gaji Anda. Ketika bisa menabung untuk membeli rumah kedua dan menyulapnya jadi guest house, maka istri akan senang dengan tabungan keluarga yang makin naik.

3. Memberi Passive Income

Jika lokasi rumah kurang cocok untuk dibuat guest house, misalnya terlalu jauh dari pusat kota atau taman hiburan, sewakan saja. Kontrakan di pinggiran kota juga masih laku, karena harga sewanya lebih rendah. Anda bisa mendapat setidaknya 10 juta dalam setahun. Sebuah passive income yang lumayan, bukan?

Ketika rumah kedua Anda berlokasi di dekat kampus, maka lebih menguntungkan untuk disulap jadi kos-kosan. Dalam sebulan Anda bisa mendapat keuntungan 2 hingga 4 juta rupiah. Harga rumah di sana memang lebih tinggi, namun passive income-nya bisa menutupi modal dan menambah pundi-pundi rupiah.

4. Bisa Diwariskan

Manfaat lain dari investasi rumah kedua adalah bisa diwariskan pada anak. Harga properti memang gila-gilaan, dalam 10 tahun bisa naik hingga 100 persen. Pastikan anak memiliki rumah sendiri ketika ia sudah dewasa. Jadi sisihkan tabungan untuk membeli rumah lagi, demi masa depannya. Ketika menikah, ia tak lagi pusing akan membeli hunian di mana.

5. Bisa Dijual Lagi

Rumah kedua selain disewakan juga bisa dijual lagi. Ketika butuh uang cash, misalnya untuk biaya kuliah anak, sedangkan tabungan tidak cukup, maka jual saja hunian itu. Dapatkan keuntungan hingga 100 persen, jika Anda sudah memilikinya selama 10 tahun. Investasi rumah memang lebih menguntungkan dan stabil daripada saham atau emas.

Jangan pelit dalam investasi rumah kedua karena manfaatnya sangat banyak. Hunian itu bisa dijual lagi, disewakan, atau dijadikan guest house. Harga ketika dijual juga melonjak tajam, sehingga Anda menangguk keuntungan yang besar. Tunggu apa lagi, segera hubungi agen properti terdekat untuk mendapat informasi tentang lokasi rumah yang cocok.

Ardy Salam

Agen property Yogyakarta. Ingin menjual atau membeli property? Konsultasi sekarang.

Hubungi Sekarang

1 Komentar

  1. AffiliateLabz - Februari 16, 2020 Balas

    Great content! Super high-quality! Keep it up! 🙂

Meninggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Membandingkan Sifat

Bandingkan (0)
Buka chat
1
Butuh konsultasi?
Halo, ada yang bisa saya bantu?
Powered by