Blog

invest-2

Tahun 2020 sudah di depan mata, sudahkah Anda menyiapkan keuangan dengan cermat? Membeli properti adalah salah satu cara untuk memperkuat kondisi finansial Anda. Apalagi tahun ini pajak Ppn Bm pada rumah yang harganya di bawah 3 milyar, dihapus oleh pemerintah. Uang muka lebih rendah dan Anda jadi bisa mencicilnya. Ini beberapa investasi properti yang menguntungkan tahun 2020.

1. Rumah

Rumah adalah investasi paling klasik namun sayangnya banyak yang enggan membelinya dan memilih untuk mengontrak saja. Padahal Anda bisa mencari rumah KPR bersubsidi yang cicilan per bulannya sangat terjangkau, bahkan ada yang hanya 1 jutaan rupiah. Jangan tunda lagi untuk membeli rumah tahun ini, karena harganya bisa melonjak hingga 60 persen hanya dalam waktu 5 tahun.

Jika rumah baru harganya masih tinggi, beli rumah bekas yang harganya lebih terjangkau. Jika kondisinya masih bagus, mengapa tidak diambil saja? Anda hanya perlu mengecat ulang dan memperbaiki bagian rumah yang rusak. Jangan lama-lama mengontrak, karena harga sewanya pasti naik tiap tahun. Namun belilah rumah sebagai investasi dan kenyamanan hidup.

2. Apartemen

Memiliki unit apartemen adalah investasi properti yang menguntungkan karena seperti rumah, harganya juga naik tiap tahun. Bahkan dalam 10 tahun, nilainya bisa melonjak 2 kali lipat. Masih ngeri dengan harganya? Sebenarnya jika Anda mau menyisihkan gaji dan berhemat, uang muka untuk membeli unit apartemen akan terkumpul dengan cepat.

Keuntungan dari memiliki unit apartemen adalah bisa menambah passive income. Jika disewakan, maka Anda akan mendapat setidaknya 20 juta rupiah per tahun. Saat penyewa tahunan atau bulanan belum datang, maka daftarkan unit Anda pada program Air BnB sehingga bisa disewa harian dan mendapat lebih banyak pemasukan.

3. Tanah

Jika Anda belum mampu membeli rumah, maka belilah tanah sebagai investasi. Harganya relatif lebih rendah, namun nilainya naik terus, bisa mencapai 15 persen setahun. Ada pula pemilik tanah yang mau menjual dengan sistem cicilan, jadi Anda tidak herus menabung selama bertahun-tahun untuk memilikinya.

Pilih tanah di lokasi yang strategis agar mudah untuk dijual lagi. Selain itu, membeli tanah sebagai investasi properti yang menguntungkan juga baik dilakukan sejak muda. Saat sudah menikah, Anda tinggal membuat bangunan rumah di atasnya.  Jadinya lebih hemat dan membuat Anda cepat memiliki hunian impian.

4. Kos-kosan

Memiliki kos-kosan juga bisa jadi alternatif yang bagus jika Anda sudah memiliki rumah kedua. Daripada kosong dan kurang terawat, lebih baik disewakan pada mahasiswa atau karyawan. Tarif kos minimal 600.000 rupiah per bulan, dan kalikan saja dengan jumlah  kamar di dalam rumah. Hunian jadi terawat dan Anda jadi punya penghasilan tambahan yang cukup banyak.

Ketika memutuskan untuk membuat kos-kosan, pekerjakan 1 karyawan untuk menjaganya. Anak kos akan segan padanya dan ia akan selalu memberi laporan ke Anda tiap minggu. Jangan sampai properti Anda dirusak oleh penyewa yang tidak bertanggungjawab. Jadi lebih baik menambah pengeluaran untuk menggaji penjaga rumah kos.

Ada beberapa jenis investasi properti yang menguntungkan, seperti membeli rumah, unit apartemen, tanah, atau membuat kos-kosan. Pilihlah yang paling mudah Anda lakukan. Jika tidak ada apartemen yang harganya terjangkau, maka lebih baik menabung untuk mencicil tanah. Berinvestasi di bidang properti keuntungannya jangka panjang namun bagus untuk masa depan Anda.

Ardy Salam

Agen property Yogyakarta. Ingin menjual atau membeli property? Konsultasi sekarang.

Hubungi Sekarang

Meninggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Membandingkan Sifat

Bandingkan (0)
Buka chat
1
Butuh konsultasi?
Halo, ada yang bisa saya bantu?
Powered by